Selasa, 01 November 2011

Manfaat Alpukat

Alpukat Buah Serbaguna dan Kaya Manfaat


Alpukat merupakan buah yang sering kita jumpai. Buah serbaguna ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi manusia. Ada banyak zat yang kaya manfaat yang terdapat di buah ini. Buah berwarna hijau ini sering dimanfaatkan untuk jus atau bahan dalam es campur maupun hidangan lainnya. Rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyukainya. Sebagian orang takut untuk mengkonsumsinya karena dianggap memiliki kandungan lemak yang tinggi. Apakah memang benar demikian? Apa saja manfaat dan khasiat alpukat atau avokad?

Alpukat atau avokad berasal dari bahasa Aztek yaitu ahuacatl. Buah ini memang berasal dari daerah tempat suku Aztek berasal yaitu di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Awalnya buah ini mulai diperkenalkan oleh Martín Fernández de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol, pada tahun 1519 kepada orang-orang Eropa. Pada saat yang sama juga, para pasukan Spanyol yang menjajah Amerika Tengah juga memperkenalkan coklat, jagung dan kentang kepada masyarakat Eropa. Sejak itulah buah alpukat atau avokad mulai disebar dan dikenal oleh banyak penduduk dunia.

Source:http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/119-avokad-buah-serbaguna-kaya-manfaat.html

Manfaat Alpukat

buah yang satu ini sudah lama diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah yang satu ini biasanya digunakan oleh kaum hawa sebagai bahan dasar untuk dijadikan lulur kulit, tujuannya tidak lain untuk membantu melembabkan kulit. Selain itu, alpukat juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit sariawan dan kencing manis serta penyakit lainnya. Selain bagian buahnya, daun dan bijinya juga memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian, penyakit kencing manis, kencing batu serta berbagai penyakit lainnya dapat disembuhkan dengan alpukat.

Daging buahnya dipercaya dapat digunakan untuk mengobati sariawan dan untuk melembabkan kulit, sedangkan bagian daunnya bermanfaat untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri syaraf, nyeri lambung serta menstruasi yang tidak teratur. Sedang bijinya bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi dan kencing manis.

Darah Tinggi
Ambil beberapa daun alpukat kemudian rebus dengan air mendidih kemudian diminumkan pada penderita darah tinggi.

Kencing Manis
Ambil bijinya lalu panggang di atas api, setelah itu iris kecil-kecil, kemudian rebus dengan menggunakan air bersih hingga air rebusan berubah waena menjadi keoklatan.

Sariawan
Ambil bagian daging buah alpukat yang sudah masak, lalu tambahkan dua sendok makan madu murni, aduk hingga rata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Kencing Batu
Ambil 4 lembar daun alpukat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau kemudian cuci bersih. Rebus semua bahan-bahab tersebut dengan menggunakan 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin saring air dengan rebusan tadi lalu diminum secara rutin.

Mengecilkan Pori-pori di Wajah
Ambil 1 buah daging alpukat yang sudah masak, hancurkan sampai halus, campur dengan 1/2 sendok madu. gunakan sebagai masker.

Sumber:  http://id.shvoong.com/lifestyle/food-and-drink/2162227-manfaat-alpukat/#ixzz1cWfXppKy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POPULAR POSTS TODAY